Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 05 Mei 2010


Buah Tin (buah Ara atau Figs)

Buah Tiin, kenapa Allah bersumpah demi buah tin dan Zaitun (Qur'an Surat At Tiin
( سورة التين )

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
1. وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,
2. وَطُورِ سِينِينَ dan demi bukit Sinai
Tentunya buah tin dan zaitun memiliki makna yang sangat tinggi.

Ada artikel yang saya kutip dari(http://forum.swaramuslim.net/more.php?id=2610_0_8_0_M)
Tin adalah buah-buahan yang mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh. Zat-zat aktif yang terdapat dalam buah tin adalah sejenis zat-zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka luar dengan cara melumurinya.

Unsur yang terkandung dalam buah Tin adalah karbohidrat, protein, dan minyak. Buah Tin juga mengandung yodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang (fosfat), chlorin, serta asam malic dan nicotinic.

Hasil penelitian lebih lanjut menyebutkan bahwa buah Tin termasuk buah yang dapat merangsang pembentukan hemoglobin darah, cocok sebagai obat penyakit anemia. Disamping itu buah Tin juga mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi.

Buah tin dikabarkan dapat mencegah kangker (lihat di http://kompas.com/ver1/Kesehatan/0801/07/125812.htm)
Buah tin selain kaya akan kalsium dan potasium juga mengandung zat benzaldehyde yang bermanfaat melawan sel-sel kanker.

Penelitian tentang kandungan benzaldehyde dalam buah Tin sebenarnya telah diungkap dalam jurnal yang dimuat website Cancer Cure Foundation. Website ini menyebutkan bahwa riset yang dilakukan para ahli dari Institute of Physical and Chemical Research di Tokyo menunjukkan benzaldehyde terbukti efektif dalam menghambat tumor.

Selain itu, Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan bahwa buah Tin mengandung beragam nutrisi mulai dari vitamin A, C, kalsium, magnesium hingga potasium. Buah ini juga baik untuk mengendalikan nafsu makan dan membantu usaha penurunan berat badan. Jus buah Tin pun merupakan minuman yang baik untuk membunuh bakteri merugikan dalam sebuah peneltian.

Wah..wah Subhanallah tinggi sekali kasiatnya dan manfaatnya.
Kalau teman-teman berminat membudidayakannnya, ternyata tidak sulit. Buah ini ternyata mudah sekali beradaptasi (asal jangan terlalu banyak air), bisa dibuat tabulampot dan bibitnya bisa dibuat dengan mencangkok batangnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar